Самара в первом взгляде

Langkah pertama keluar dari вокзал tertinggi di Eropa (stasiun kereta tertinggi di Eropa itu letaknya ada di Samara), ada tiga orang dari univ menjemput ku dan teman-teman. Mereka berusaha ngajak ngomong pake Bahasa Inggris, tapi kalo orang Rusia ngomong inggris sumpah gajelas, mendingan pake Bahasa Rusia aja. Biar begitu kami semua sebenarnya sudah ngerti dikit-dikit Bahasa rusia, jadi kalo di ajak ngomong Bahasa Russia ya udah nyangkut-nyangkut dikit lah. Selang satu jam, aku sampai di общежитие (asrama), nah, dalam bayangan ku asrama nya tinggi-tinggi kayak di Moskow, eh ternyata cuman 5 lantai, pake tangga lagi hahahah. Tapi asramanya уютно (nyaman), dengan perpaduan warna yang asik antara hijau tosca dan abu-abu muda, di pintunya warna pilar nya merah, sumpah cantik meskipun ketutupan ranting-ranting pohon yang layu.

  Pas pertama nyampe aku dan rombongan disambut sama 2 bidadari cantik namanya kak Puji dan kak Rizka. Terus datang deh русские студенты (siswa rusia, plural) semua koper-koper kami dibawain. Terus koper ku di angkat sama salah satu siswa ganteng ahahaha, beneran sumpah ganteng banget namanya Роман (Roman) cowok ganteng pertama yang ku lihat mana baik lagi. Tapi sayang nya pas dia angkatin koper ku, ganggang kopernya patah. Untung ganteng jadi ku maafin deh, coba kagak, hmmmm.
                Setelah itu  сразу aku dan kawan-kawan di ajak orang univ (куратор (curator) sejenis orang yang tanggung jawabin siswa) jadi langsung caw, ke toko entah itu mahal apa kagak asal beli aja, katanya ember dibutuhin, jadi tanpa pikir panjang dan cari cari lagi, disuruh beli ember ya, iya-iya aja meki beli di toko-toko pinggir jalan. *Saran, apabila kalian pergi ke Russia, jangan langsung beli-beli di toko di pinggir jalan karena itu mahal banget, beda jauh harga nya sama yg ada di pasar. Terus kalo beli di kereta itu sangat dilarang karena harga nya jauh banget sama barang di toko. Kalo beli air mineral yg cuman 0,5 liter harga di kereta 50 rubel satu botol, sedangkan kalian bisa dapat 5 liter kalo beli di универсам рынок ex: магнит, dan пятёрочка (sejenis alfamart, dan indomart nya, cuman di Rusia toko begituan lebih merakyat, gak kayak yg di Indo). Aku beserta kawan-kawan, jalan sore-sore cuman buat cari ember, buat nampung air anget, karena pas kami datang, seluruh air di asrama, air hangat nya dimatikan sejak зима (musim dingin) berakhir sampe awal musim dingin. Karena kita para mahasiswa Indonesia datang nya pas осень (autumn) ya jadi gak kebagian air panas, dan harus ngerebus dulu, kalo mau gak mandi, gak mandi sampe kapan? Sampe 2 minggu kedepan? О боже gak mungkinlah. Meskipun air nya dingin banget kayak air es ya tetep aja mandi soalnya hampir 4 hari gak mandi.
 Aduh lepas bahasan lagi, oke kembali ke jalan-jalan, pada saat itu angina nya sangat-sangat kencang, kalo kulitnya gak kuat bias masuk angin. Memang sih, beberapa senior dulu, bilang gausah beli coat dulu, beli aja di rusia, tapi aku merasa beruntung karena aku beli coat di Indonesia meskipun jelek dan bentuknya kayak jaket gojek. Soalnya di setiap daerah itu, temperature nya beda-beda bahkan ada yang sampe menyentuh – 40. Jadi, kalo menurut ku sih, lihat dulu dapat dikota mana, kalo область(daerah) agak di selatan ya gak perlu bawa coat kalo di selatan ke atas perlu, wajib, apalagi kalo dating nya pas musim gugur karena musim gugur gak selamanya isinya daun jatohan, tapi bias-bisa udah ada снег(salju) bejatohan. Samara meskipun letaknya di selatan tapi dingin banget pas winter dan bahkan yang duluan turun salju nya dibanding moskow dan saint Petersburg.
                Back to bahasan, malamnya gapake istirahat, langsung pergi lagi ke mall besar yang pertama kali di datengin namanya Ашан( ashan) letaknya di dalam supermarket namanya Космопорт(kosmoport).




















Ber-23 langsung pergi ke mall itu, jarak nya gak begitu jauhm cukup dengan метро (subway) terus jalan sekitar 10 menit nyampe deh. Метро победы (mitro pobedi) itu adalah subway pertama yang pernah kulihat, disana saat musim dingin jadi hangat,yaiyalah di bawah tanah. Dihiasi lampu-lampu Kristal cantic. Termasuk subway tertua adi kota Samara.
Sesampainya disana, sumpah harga nya lebih murah lagi, hampir sama aja kayak di pasar, malah kadang pasar lebih mahal. Jadi malam itu kami borong semuanya, apalagi wanita-wanita nya yang terdiri atas aku, mia, fitria, noah dan Nerissa. Yang kita beli sumpah banyak banget, beli susu kotak coklat sampai-sampai 3 biji( susu yang paling enak yang pernah dirasa namanya чудо, judulnya aja, chuda, memang rasanya kayak keajaian, dengan uang 70 rubel, atau sekitar 14 ribuan, udah dapet susu segede susu ultra, yang gak bikin eneg sumpah itu enak banget, rekomendasi buat kawan-kawan semua. Чудо gak cuman produksi susu, tapi juga ada yogurt, dan творог (sejenis, keju, makanan fermentasi, cuman hancur gimana gitu, enak banget tapi, kalo ada kandungan gula nya, manis-manis asam dan sehat, tapi kalo produk dari  чудо itu ada ditambahin coklat dan buah-buahan, biasanya pure cuman susu fermentasi dan gula.
( Back to the topic, jadi ini kami borong banyak makanan buat sebulan pertama di Rusia.)


Hari berikutnya aku dan teman-teman pergi mencari Masjid terdekat. Patokannya sih Google Maps, pas diliat disitu ada Mesjid besar, yaitu Саборная мечеть. Jalan dah tu, kita, padahal bias naik bis atau trem, tapi dengan alasan dapet biar pahala nya besar, ya terpaksa aku ngikut juga, padahal yang mau sholat para lelaki nya, mereka mau sholat Jumat. Tapi kami, para wanita, juga ikut sekalian jalan-jalan.
Berselang satu jam lebih baru deh ketemu tuh masjid, hahaha jalan kaki demi cari masjid. Kalo tau sejam baru nyampe mending naik bis, atau taksi hahah. Akhirya para pria melaksanakan shalat jum’at, dan kami para wanita menunggu mereka di luar masjid. Eh, kebetulan ada mall deket situ, masuk deh kita kedalam.

                Siapa sangka, hujan deras pun turun, kami kedinginan kalaupun mau menunggu mereka pulang shalat Jumat lama banget, mana nafas udah beruap, saking dinginnya. Akhirnya kami pergi pulang naik taksi meninggalkan para lelaki. (Gaperlu diceritain sih itu, but FYI aj a about our struggle to find a mosque)


(Oiya, ini ada saran tentang berbelanja di Rusia. Sebenarnya kalo kawan-kawan mau irit, bawa aja baju banyak banyak dari Indonesia, karena kadang harga baju disini aneh, baju bentuk kaos dalam yang polos-los-los harganya 50 ribuan, untuk yang berjilbab mungkin banyakin outer aja, jadi bisa pake yang lengan-lengan pendek, karena biasanya kaos-kaos lengan pendek lebih murah. Tapi, semua itu sesuai selera sih, maunya gimana. )


Comments

Popular Posts