"Godzilla Planet" 17 kali Lebih Berat Dari Bumi



photo credit: The newly discovered 'mega-Earth' Kepler-10c dominates the foreground in this artist's conception. Its sibling, the lava world Kepler-10b, is in the background. Both orbit a sunlike star / David A. Aguilar (CfA)



Diantara ratusan planet baru yang ditemukan oleh Kepler Space Telescope, dan banyak yang dapat dikatakan sebagai super-Earths- Worlds yang lebih besar dari bumi, berbatu seperti bumi kita dan memiliki satelit. Tapi para ilmuwan tidah pernah mendeteksi sebuah planet seperti Kepler-10, "Mega Earth" yang terlihat sangat mirip seperti bumi tapi 17 kali lebih berat dari planet kita.
Ketika Kepler mengamati planet ini, para astronomer mengukur diameternya yang memiliki diameter sekitar 29,000 kilometer atau 2,3 kali dari Bumi. 
Kepler-10  mengorbit sebuah bintang yang sama seperti Matahari, yang lokasi nya sekitar 560 tahun cahaya di hitung dari Bumi.dan ber-rotasi setiap 45 hari. Para Ilmuwan percaya bahwa planet yang seberat Kepler-10 permukaan nya akan bergas seperti Jupiter dan Saturnus. 

Comments

Popular Posts