Meninggalkan Kontak Lensa di Mata Selama 6 Bulan dan Amoeba Memakan Matanya

Memang seperti sebuah cerita klasik. Namun, sarjana Taiwan Lian Kao benar-benar telah dibutakan sebagai akibat dari tidak mengganti lensa kontaknya. 
Ruang antara lensa kontak dan mata sangat cocok untuk memungkinkan mikroorganisme yang tidak suka oksigen untuk berkembang biak, dan lebih buruk lagi, memberi makan pada kornea. Acanthamoeba merupakan ancaman utama, dan dalam kasus Kao yang selama enam bulan tidak melepas lensa nya memberinya cukup waktu untuk berkembangbiak. 
Acanthamoeba tidak memakan langsung jaringan manusia. Sebaliknya, ia akan memakan bacteri. Di kornea Kao, infeksi bakteri menjadi berkembang, jadi amoeba mendapatkan banyak makanan untuk membentuk sebuah colony. Kemudian meraka masuk ke mata Kao lebih dalam lagi untuk tetap hidup 
Acanthamoebic keratitis, seperti inilah kondisi nya disebut, dapat terjadi pada kontak lensa yang tidak bersifat desinfektan. Pembersih Lensa yang tidak dapat membersihkan dengan benar setelah lensa terinfeksi oleh bakteri dan telah digunakan.
Sementara itu, lensa yang tidak pernah dibersihkan juga dapat membawa resiko, tidak membuat sang pengguna pun keluar dari masalah besar. Kao mengakui bahwa ia sudah enam bulan tidak melepas kontak lensanya dari mata, tidak hanya dipakai saat tidur tetapi juga saat berenang. Sementara itu kolam renang memiliki peluang besar akan adanya bakteri Acanthamoeba yang dapat beresiko terhadap nya.
Dr. Wu Jian-Liang, dokter opthamology di Rumah Sakit Wan Fang mengatakan,"Kekurangan oksigen dapat merusak permukaan jaringan epitel, membuat luka kecil di mana bakteri bisa dengan mudah menginfeksi, menyebar ke seluruh mata dan berkembang biak dengan sempurna. "
Transplantasi kornea kadang-kadang dapat memperbaiki kerusakan, tetapi sukses tidaknya akan sangat sulit, dikarenakan infeksi yang sudah terlalu dalam. 

Keratitis Acanthamoebic menyebabkan nyeri, kemerahan pada mata dan penglihatan kabur, tapi mengejutkan, rasa sakit sering tidak cukup kuat untuk menyebabkan orang untuk mencari bantuan sampai kerusakan sudah terjadi. Cuci tangan sebelum mengganti lensa juga merupakan hal penting untuk pencegahan. 

Comments

Popular Posts